Bacaan Shalat lstisqa' (memohon hujan)

Shalat istisqa' adalah shalat sunah untuk memohon hujan dan di¬sunahkan bagi orang-orang yang muqim atau musafu, di kala sangat menghajatkan air karena tidak ada hujan atau keputusan air dari sumber¬nva.
cara melaksanakan sholat istisqo ada tiga cara, yaitu:

l. Berdoa saja sembarang tempat dan waktu, dengan suara yang nyaring atau lemah.
2. Menambah doa istisqa' (mohon turunnya hujan) pada khutbah Jum'at.
3. Dengan shalat dua rakaat yang disertai dengan dua khutbah.
Bacaan Lafal niat Shalat lstisqa' :
Bacaan niat Shalat lstisqa
Bacaan niat Shalat lstisqa
Ushallii sunnatal-istisqaa'i rak'ataini (imaaman/ma'muuman) lillaahi ta'aalaa. Allaahu akbar.
Artinya:
"Aku niat shalat sunah istisqa' dua rakaat (jadi imarnlmakmum) karena Allah Ta `ala. Allaahu-akbar. "

1. Tiga hari sebelum melakukan shalat istisqa', imam atau ulama me¬merintahkan kaumnya agar berpuasa tiga hari lamanya, dan menganjurkan pula agar mereka beramal baik, seperti sedekah, tobat dari segala dosa, mengusahakan perdamaian dengan orang-orang yang dianggap lawan, dan melepaskan diri dari kezaliman.
2. Pada hari yang keempatnya, semua penduduk/kaum disuruh keluar dari rumali bahkan binatang ternak, mereka pun ikut serta dikeluar¬kan ke tanah lapang untuk melakukan shalat istisqa' itu. Waktu ke¬luar ke tanah lapang, sebaiknya dengan pakaian yang sederhana dengan tidak memakai wangi-wangian dan tidak berhias dan se¬lama itu orang dianjurkan supaya memperbanyak membaca is¬tighfar artinya memohon ampun.
3. Setelah salam, khatib membacakan dua khutbah dan pada khutbah yang pertama dimulai dengan membaca istighfar 9 kali pada khutbah yang kedua dimulai dengan membaca istighfar 7 kali.
Pelaksanaan Khutbah Istisqa'
Cara melaksanakan khutbah istisqa' agak sedikit berbeda dengan khutbah Jum'at atau lainnya, yakni:
1. Khatib disunahkan memakai selendang.
2. Khutbahnya berisi anjuran supaya beristighfar dan merendahkan diri kepada Allah serta berkeyakinan, bahwa Allah akan mengabul¬kannya, yakni akan menurunkan hujan.
3. Ketika berdoa, hendaknya mengangkat kedua tangan lebih tinggi hingga terbuka antara lengan dan badannya.
4. Pada khutbah yang kedua, di kala berdoa hendaknya khatib bepaling ke kiblat artinya membelakangi makmum dan bersama¬sama semuanya berdoa terus. Dalam berdoa hendaknya khatib berdoa dengan suara yang lemah menurut tekanan irama memohon. Manakala khatib berdoa dengan suara nyaring, makmumnya pun dianjurkan mengikuti doanya dengan suara nyaring pula.

5. Ketika berpaling ke kiblat, khatib hendaknya mengubah selendangnya yang kanan ke kiri dan yang di atas ke bawah.
Lafal istighfar dan doa istisqa' ialah:
Lafal istighfar dan doa istisqa
Lafal istighfar dan doa istisqa
Astaghfirullaahal-`azhiim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul-qayyuumu wa atuubu ilaihi.
Artinya: 
"Saya memohon ampunan kepada Allah Yang Mahaagung, tidak ada tuhan selain Allah. Dia Yang Mahahidup dan yang berdiri sendiri dan saya bertobat kepada-Nya. "
Doa Istisqa'
Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa', baik dalam khutbah maupun di luar khutbah ialah:
Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa
Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa
Allaahummasqinal-ghaitsa wa laa taj'alnaa minal-qaanithiin. 
Artinya:
"Ya Allah tumpahkanlah hujan kepada kami dan janganlah Engkau jadikan kami termasuk orang-orang yang berputus asa. "
Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa
Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa
Allaahumma 'alazh-zhiraabi wal-aakaanv wa manaabitisy¬syajari wa buthuunil-audiyah. Allaahumma hawaalainaa wa laa `alainaa.
Artinya:
"Ya Allah, curahkanlah hujan itu di atas tumpukan-tumpukan tanah (gumuk) dan bukit-bukit, tempat pepohonan tanaman dan tumbuh-tumbuhan, dan di lembah-lembah. Ya Allah, curahkanlah di sekeliling kami dan jangan di atas kami."
Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa
Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa
Allaahummaj`alhaa suqyaa rahmatin wa laa taj'alhaa suqyaa `adzaabin wa laa muhqin wa laa balaa'in wa laa hadamin wa laa gharaqin.
Artinya: :
"Ya Allah, jadikanlah hujan ini sebagai siraman rahmat, dan janganlah menjadikan hujan ini sebagai siraman siksa, dan janganlah menjadikan hujan ini suatu siraman yang memusnah¬kan harta benda dan mara bahaya dan jangan siraman yang menghancurkan dan menenggelamkan."

Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa
Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa

Allaahammasqinaa ghaitsan mughiitsan hanii'an marii'an marii'an sahhan `amman ghadaqan thabaqan mujallalan daa'iman ilaa yaumid-diin. Allaahnnmiasqinal-ghaitsa wa laa taj`alnaa minal-qaanithiin.
Artinya:
"Ya Allah, siramilah kami dengan hujan yang menyelamatkan, menyenangkan, menyuburkan, mengalirkan ke segenap penjuru, banyak air dan kebaikannya, memenuhi sungai-sungai dan selalu mengalir merata hingga sampai hari kiamat. Ya Allah, tumpahkan¬lah hujan kepada kami, dan janganlah menjadikan kami orang¬orang yang berputus asa. "

Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa_5
Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa_5
Allaahumma bil-`ibaadi wal-bilaadi minal-juhdi wal-juu`i wadh-dhanki wa laa nasykuu Ulna ilaika.
Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya hamba dan negeri tengah ditimpa ke¬melaratan dan kelaparan dan kesempitan hidup dan kami tidak dapat mengadukan kecuali kepada Engkau. "
Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa_6
Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa_6
Allaahumma anbitiz-zar'a wa adirra lanadh-dhar`a wa anzil `alainaa min barakaatis-samaa'i wa anbit min barakaatil-ardhi waksyif `annaa minal-balaa'i maa laa yaksyifuhu ghairuka.
Artinya:
"Ya Allah, tumbuhkanlah tanaman-tanaman ini untuk kami dan perbanyaklah air-air susu binatang-binatang untuk kami, tumpah-kanlah barokah dari langit untuk kami, tumbuhkanlah isi bumi ini untuk kami, dan hindarkanlah kami dari mara bahaya sesuatu bencana alam yang tak akan mampu kami menghindarkan, kecuali Engkau ya Allah. "

Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa_7
Doa yang sering dibaca dalam shalat istisqa_7
Allaahumma innaa nastaghfiruka innaka kunta ghaffaaran fa arsilis-samaa'a `aiainaa midraaraa.
Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya kami memohon ampunan-Mu. Se¬sungguhnya Engkau Maha Pengampun. Tumpahkanlah hujan sederas-derasnya dari langit untuk kami. "

Semoga posting tentang Bacaan Shalat lstisqa' (memohon hujan) yang berisi tentang doa shalat istisqa, niat shalat istisqa, cara shalat istisqa ini dapat bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar

No comments:

Post a Comment

1. Apabila ada kesalahan tulis mohon di luruskan melalui kolom komentar dibawah ini. (Mohon langsung tuliskan kesalahannya, dan seharusnya tulisannya bagaimana. Misalnya: "ynag" SEHARUSNYA "yang")
2. Jangan lupa bagikan tulisan ini kepada saudara-saudara kita.
3. Mohon Tidak Beriklan pada kolom komentar, dan menambahkan link aktif pada kolom komentar
4. MOHON DO'ANYA AGAR KAMI SELALU DIBERI KESEHATAN, KESELAMATAN, DAN JAUH DARI BALA SERTA DIMURAHKAN RIZKI